Pengertian Dasar Resistor


Resistor adalah perangkat komponen elektronika yang dapat di gunakan untuk membatasi aliran arus listrik. Sudah di pastikan hampir semuarangkaian elektronika menggunakan resistor. Itu lah mengapa pengertian resistor merupakan komponen yang lebih banyak di gunakan dari pada komponen yang lainnya. Cara kerja resistor berdasarkan sifat resistansi suatu bahan yang dapat menghantarkan listrik.

Resistansi atau penghantar listrik adalah sifat yang membatasi aliran arus. Semua bahan yang terbuat dari metal dapat menghantarkan listrik, bahan bahan ini dapat mengendalikan aliran arus sesuai dengan sifat resivitas yang di miliki dari masing masing bahan. Unsur yang terdapat di dalam bahan dapat menghantarkan listrik yang di tentukan oleh struktur atomik pembentuknya.

Sifat yang menentukan resivitas yaitu kemampuan untuk melawan laju aliran arus. Sifat lain yang di miliki dari pengertian resistor adalah suatu bahan yang di kenai panas di atas 0 derajat, maka resistansi akan berubah. Hal ini dapat di amati dalam elektronika yaitu bila terjadi suatu kesalahan yang menyangkut kelebihan panas dalam suatu komponen.

Resistor terbuat dari bahan isolator yang memiliki nilai tertentu tergantung dari nilai hambatan yang terdapat dalam komponen. Di mulai dari beberapa Ohm sampai dengan nilai Jutaan Ohm (mega ohm). Pengertian resistor yang memiliki sifat resistif dapat di kembalikan seperti sebelumnya, namun apabila panas yang terdapat dalam komponen berlebihan hal ini akan mengakibatkan rusaknya komponen secara permanen.

Bentuk fisik resistor paling banyak di bandingkan komponen lainnya. Yang paling umum di jumpai di pasaran adalah bentuk bulatan panjang dengan beberapa lingkaran pada badan resistor. Lingkaran dalam komponen tersebut menunjukan nilai hambatan dari resistor. Di dalam lingkaran terdapat berbagai kode warna dari resistor.

Salah satu kelemahan dari pengertian resistor adalah noise (drau). Noise akan bertambah seiring dengan bertambahnya umur resistor yang mempunyai kecendrungan mengakibatkan penyimpanan toleransi harga yang masih di perbolehkan untuk beberapa rangkaian. Dengan berkembangnya teknologi, saat ini bentuk resistor sudah ada yang lebih kecil, di antaranya menggunakan teknik doping seperti halnya pada pembuatan komponen semikonduktor.

0 komentar:

Poskan Komentar