Cara Mudah Membuat Home Theater Sendiri

 

Bagi anda yang punya komputer atau laptop dengan kualitas suara biasa saja, pasti kurang puas saat digunakan untuk menonton film, memainkan lagu, atau saat bermain game. untuk itu banyak pengguna kompter kemudian mencoba menaikkan kualitas suara kelauaran komputer atau laptop, salah satunya dengan menambah speaker aktif. saat ini banyak orang yang lebih menyukai menggunakan speaker aktif untuk komputer atau laptop, umumnya sistem sederhana 2.1 channel dengan merk Polytron, Simbadda, Altec Lansing, Genius, Edifier, dll. tata suara 2.1 channel mempunyai arti: menggunakan 2 speaker satelit ditambah 1 spekaer subwoofer. seperti contoh pada foto di bawah ini: 


 


Sistem speaker aktif 2.1 memang tidak buruk, akan tetapi masih tidak bisa menampilkan image suara surround yang biasanya dibutuhkan untuk mengeluarkan efek-efek suara 3 dimensi saat menonton film atau bermain game. 


Jika kita ingin menonton film berformat DVD, yang kebanyakan memiliki stream audio Dolby Surround atau DTS yang terdiri dari 6 kanal suara yang terpisah, sehingga jika kita menonton film tersebut dengan menggunakan amplifier stereo untuk penguat audionya, maka efek-efek suara dan surround tidak terdengar. Lain halnya jika kita memiliki home theater amplifier atau surround amplifier, maka efek-efek surround tersebut akan terdengar, serasa kita sedang berada di bioskop. 

Tetapi, amplifier surround umumnya memiliki harga yang mahal sekali. Untuk itu kita bisa memodifikasi amplifier stereo yang kamu punya atau kita dapat membuat amplifier surround yang kualitasnya cukup baik sebagai pelengkap home audio dirumah. Sebenarnya amplifier 6 kanal terdiri dari 6 amplifier 1 kanal/mono, yang memiliki spesifikasi tertentu pada tiap kanalnya. Amplifier surround memiliki 6 kanal yang terdiri dari Front Left/kiri depan, Center/tengah, Front Right/kanan depan, Rear Left (Left Surround), Rear Right (Right Surround), dan LFE (Subwoofer).



semua yang saya bahas disini adalah Home Theater system analog sederhana dan bukan digital. salah satu ciri khas sistem analog adalah selalu menggunakan input sumber double channel (stereo L dan R).

Lihat Tutorial secara lengkap DISINI


saya mencoba membahas Home Theater yang sederhana dan mudah dibuat, bukan system delay yang relatif lebih rumit dan sulit dibuat. metode yang sangat saya sarankan ini termasuk mudah dibuat sendiri: home theatre ini merupakan modifikasi dari simple “Hafler” Surround-Sound Matrix (Home Theater 4.0 channel dan tanpa decoder). modifikasi ada pada penambahan subwoofer channel dan komponen tambahan berupa elco dan resitor untuk speaker surround belakang. rangkaian dan konfigurasi dapat dilihat dalam skema berikut ini:

 
Speaker-speaker yang digunakan:
subwoofer untuk deep bass, full range speaker (untuk surround rear speaker), full range speaker (untuk front speaker). gunakanlah speaker subwoofer (bukan speaker woofer) untuk channel subwoofer dan speaker full range untuk speaker satelit. speaker full range bisa juga diganti dengan kombinasi speaker tweeter dan woofer.

Speaker Subwoofer:

 

Speaker Full Range:





Polaritas speaker
polaritas speaker sangat penting dalam Home theatre system, karena berkaitan dengan fase frekuensi suara yang dihasilkan speaker. berhatikan bahwa ground selalu dihubungkan dengan kutub negatif speaker, kecuali untuk speaker belakang (surround rear speaker) karena ada rangkaian khusus disana.


Penempatan Speaker dalam ruangan yang disarankan bisa dilihat dalam gambar dibawah ini:

 


Home Theatre ini masih perlu disetting untuk kalibrasi nada lewat tone control di power amplifier speaker satelit, juga kalibrasi volume subwoofer, dan kalibrasi frekuensi subwoofer, agar terjadi keseimbangan dalam semua channel speaker. Home Theatre ini bisa juga digunakan untuk perangkat audio lainnya seperti: Netbook, tablet PC, Ipad, Ipod, DVD player, MP4 player, MP3 player, FM stereo receiver, Walkman, stereo TV, Smartphone, Handphone, dll.


Lihat Tutorial secara lengkapnya DISINI

Komentar

5 comments:

  1. pak, saya mau tanya..bisa gak ya bikin optical input sendiri? saya ada dvd ht lg 3120s. inputnya cuma jack 3,5mm dan aux l/r stereo. jadi tidak ada masukan buat audio 5.1. kl stel film dvd yg 5.1 baru bisa oke suaranya. tp kl stel film hd dr komputer suara yg masuk cuma stereo aja. jd gimana kl ht nya dibongkar trus dibikin audio input digital? apakah bisa? terima kasih

    ReplyDelete
  2. lengkap sekali pembahasannya
    terima kasih atas bantuannya ya..

    ReplyDelete
  3. Menikmati Home Theatre 5.1 murah meriah. 1buahTV, 1buah DVD player yg udh built in decoder 5.1, 2pasang speker aktif. Caranya: 1pasang speker aktif taruh didepan untuk suara kiri/kanan, sedangkan suara center diambil dr outnya center dr DVD player dihubungkan ke audio in TV. 1pasang lg speker aktif taruh dibelakang untuk suara kiri/kanan. Untuk subwoofer tdk usah di aktifkan cukup set vol bass speker aktif dng maximum. Jd lah home theatre murah meriah. Seperti punya Aku. tp ini home theatre analog, artinya semua memakai kabel RCA biasa yg bnyk di jual diwarung2 electro. Home theatre punya Aku 1buah TV 14" DVD player merk changhong dan speker aktif. Tp Aku udh bs menikmai suara surround 5.1 baik itu dts/dolby digital. Dng suara yg berpindah-pindah dr depan kiri/kanan, center dan belakang kiri/kanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice Info gan, ini juga bisa buat referensi yang lain :D

      Delete
  4. Nyimak Ja gak punya duit hehehe nice post gan...

    ReplyDelete